Wasit Bawa Tas Real Madrid? Itu Lumrah, Tradisi di Liga Spanyol!

Seakan-akan, Los Blancos telah berbuat curang dan tas tersebut adalah bukti mereka menyogok wasit. Namun dari investigasi ringan Marca dan SPORT, terungkap bahwa sebenarnya tas tersebut tidak bermakna apa-apa. Sudah menjadi hal lumrah klub-klub Liga Spanyol menghadiahkan tas berisi merchandise klub kepada pengadil lapangan, ibarat oleh-oleh.
Fernando Roig menyebutkan, wasit Gil Manzano dan asistennya membawa tas Real Madrid pasca Villarreal mendapatkan hukuman penalti kontroversial pada Senin, 27 Februari 2017. Jelas pernyataan yang tendensius. Namun, sekaligus membuat banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa yang terjadi, dan apa yang dimaksud dengan tas tersebut. Jika memang wasit membawa tas bermerk sebuah klub, lalu apa isinya? Apakah itu tanda keberpihakan wasit pada sebuah klub?
Dikutip dari Marca, di Liga Spanyol, sudah menjadi semacam tradisi bagi sebuah klub untuk memberikan pernak-pernik dalam tas kepada wasit. Setiap klub punya kebiasaan masing-masing soal pernak-pernik apa saja yang diberikan sebagai oleh-oleh itu. Misalnya, Real Madrid. Klub ini biasanya menghadiahkan tas yang berisi jersey Real Madrid, entah jersey polos atau jersey dengan nomor pemain tertentu. Selain itu, ada pula tambahan pernak-pernik seperti pena, gantungan kunci, dan pin.
Lain lagi Barcelona. Mereka memberikan umbul-umbul berlambang klub Catalan, baik yang berukuran lumayan besar maupun yang lebih kecil. Pernah pula Barca memberikan jam tangan merk Nike untuk wasit, dengan lambang Barcelona yang melekat di bagian depan jam tersebut.

Athletic Bilbao, klub yang secara tradisional juga merupakan penguasa Liga Spanyol, juga memberikan umbul-umbul berlambang klub dalam tas kepada wasit. Sebelumnya, Athletic pernah memberikan jersey pula. Dan semasa presiden Fernando Garcia Macua, klub berjuluk Rojiblancos tersebut pernah menghadiahkan baju mandi untuk wasit yang bertugas.
Memang Fernando Roig tidak mengucapkan kalimat apapun yang menyinggung terjadinya konspirasi wasit untuk membela Real Madrid. Cuma omongannya datang setelah Los Blancos mendapatkan penalti kontroversial. Sehingga, Roig seperti menjebak banyak orang berprasangka buruk, wasit dan Madrid main mata.
Namun, bukan berarti Roig lepas dari kecaman. Komite Wasit RFEF langsung bereaksi dengan pernyataan, Beberapa tuduhan serius berkesan penghinaan sudah dibuat (oleh Fernando Roig) untuk mempertanyakan martabat dan kehormatan Gil Manzano dan seluruh komunitas wasit.

zhongguomingshi.com bet 88 Sumber: Sidomi