Timnas Indonesia Jajal Tiga Bek

Timnas Indonesia pada latihan menjelang pertandingan final Piala AFF 2016 mencoba mengubah formasi yang salah satunya dengan mencoba menggunakan tiga bek untuk menopang penjaga gawang Kurnia Meiga.
Saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12), pelatih timnas Alfred Rield mencoba menurunkan Manahati Lestusen, Fachruddin Arianto, dan Hansamu Yama Pratama.
Kondisi ini berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang mengandalkan empat bek.
Pada latihan yang dipimpin oleh asisten pelatih Wolfgang Pikal ini, dua pemain yang selama ini berada di barisan belakang yaitu Abduh Lestaluhu dan Beny Wahyudi didorong sedikit ke depan bersama dengan pemain jangkar Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly.
Di depan empat pemain tengah ini ada dua pemain yang dikenal dengan memiliki kecepatan dan bermain apik selama pertandingan kualifikasi hingga semifinal yaitu Rizky Pora dan Andik Vermansah. Sedangkan lini depan tetap mengandalkan Boaz Solossa sebagai target man.
Dalam latihan ini, pemain inti yang formasinya sama saat menghadapi Vietnam harus berhadapan dengan pemain lain yang selama ini duduk di bangku cadangan. Latihan ini juga sudah memperagakan pertandingan sesungguhnya melawan Thailand.
Meski mencoba dengan tiga bek, saat diserang Beny Wahyudi yang berada di sisi kanan dan Abduh Lestaluhu yang berada di sisi kiri langsung turun dengan cepat untuk membantu pertahanan. Namun, ada menyerang kedua pemain ini tidak segan membantu penyerangan.
“Saat ini kami terus berusaha mencari pemain inti dan formasi yang tepat untuk menghadapi Thailand. Saya terus mencoba untuk mencari yang tepat,” kata pelatih Alfred Riedl usai memimpin latihan.
Pada latihan yang sudah masuk program ini, pelatih Alfred Riedl juga memberikan materi khusus kepada pemain yang selama ini menjadi sorotan lawan yaitu Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly. Beberapa kali dua pemain ini mendapatkan pengarahan langsung dari pelatih asal Austria itu.
Selain mencari pemain inti dan formasi yang tepat ini, Riedl juga memberikan porsi latihan tendangan langsung ke gawang dari luar kotak pinalti. Semua pemain pada latihan ini diberikan porsi yang sama termasuk yang selama ini berada dibangku cadangan.
“Yang dihadapi saat ini adalah pertandingan final. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi kita menjadi tuan rumah. Kami akan memaksimalkan semua pemain yang ada,” kata mantan pelatih timnas Vietnam itu.
Sesuai dengan jadwal, pertandingan final pertama Piala AFF 2016 digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12) dan pertandingan final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12).

/JAS
ANTARA

zhongguomingshi.com bet 88 Sumber: BeritaSatu